Selasa, 01 Februari 2011

PAUD

SISTEMATIKA PENYUSUNAN LAPORAN KEGIATAN


Halaman Judul
Kata Pengatar
Daftar Isi
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
B.   Tujuan
C.   Hasil yang diharapkan

BAB II RENCANA PENYELENGGARA
A.   Proses Pembelajaran
B.   Tempat dan Waktu Pembelajaran
C.   Tingkat / Daya serap anggaran
D.   Faktor penghambat
E.   Permasalahan yang dialami
F.    Upaya untuk Mengatasi Permasalahan
BAB III PENUTUP
Lampiran
1.    Daftar nama peserta didik, pengelola dan tutor
2.    Jadwal Kegiatan
3.    Foto Kegiatan


                                  SISTEMATIKA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Halaman Judul
Surat Pengantar
Rencana Penggunaan
Rekapitulasi Penggunaan anggaran
Bukti fisik penggunaan anggaran ( kwitansi, nota, daftar hadir, tanda terima dan pajak)

Pelatihan Pendidik PAUD NF


Persyaratan:
1.    Lama Pelatihan minimal 32 jam pelajaran
2.    Materi Wajib
a.    Kebijakan PAUD Non Formal Kabupaten Pekalongan
b.    Psikologi perkembangan anak
c.    Perkembangan Gizi Anak
3.    70 % materi Praktek
4.    Materi lain
a.    BCCT
b.    Kurikulum PAUD Non Formal
c.    dll


KRITERIA PAUD NON FORMAL KAB. PEKALONGAN

1.    Kelompok Bermain
a.    Waktu pembelajaran 1 minggu penuh

2.    Pos PAUD
a.    Waktu pembelajaran belum 1 minggu penuh
b.    Terintegrasi dengan  Pos Yandu

3.    SPS
a.    Waktu pembelajaran belum 1minggu penuh
b.    Terintegrasi selain dengan Pos Yandu


KETENTUAN PERIJINAN PAUD NON FORMAL

Ø  Ketentuan Ijin Penerimaan Siswa
1.    Surat Permohonan diajukan ke Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan direkomendasi oleh UPT Pendidikan Kecamatan Setempat.
2.    Lampiran
a.    Daftar Pendidik,  minimal pendidikan SLTA sederajat dibuktikan dengan fotocopy ijazah
b.    Daftar pengelola dilampiri fotocopy ijazah
c.    Daftar penyelenggara
d.    Pernyataan Pinjam atau sewa tempat minimal 5 tahun bagi yang belum punya gedung sendiri ( bermeterai 6000)
e.    Denah lokasi ditandatangani oleh kepala desa/ Kelurahan
f.     Kurikulum Harian
g.    Bagi Penyelenggara dibawah binaan Organisasi MOU, Proposal harus dilampiri Rekomendasi dari Organisasi Mou tingkat kabupaten.
h.    Bagi Organisasi Mandiri disertai fotocopi akta badan hukum.
3.    Dibuat rangkap 2
4.    Diajukan 1 (satu ) bulan sebelum tahun ajaran baru.

Ø  Ketentuan Ijin Operasional
1.    Fotocopi ijin penerimaan siswa.
2.    Surat Permohonan diajukan ke Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan direkomendasi oleh UPT Pendidikan Kecamatan Setempat.
3.    Masa monitorng 6 s/d 12 bulan setelah kegiatan berjalan.
4.    Lampiran
a.    Daftar Peserta didik minimal 15 siswa
b.    Daftar Pendidik,  minimal pendidikan SLTA sederajat dibuktikan dengan fotocopy ijazah
c.    Rasio perbandingan Pendidik dan peserta didik 1 : 15
d.    Jadwal kegiatan pembelajaran.
e.    Daftar pengelola dilampiri fotocopy ijazah
f.     Daftar penyelenggara
g.    Pernyataan Pinjam atau sewa tempat minimal 5 tahun bagi yang belum punya gedung sendiri ( bermeterai 6000)
h.    Denah lokasi ditandatangani oleh kepala desa
i.      Kurikulum Harian
j.      Bagi Penyelenggara Organisasi MOU mendapatkan rekomendasi dari Organisasi Mou tingkat kabupaten.
k.    Bagi Organisasi Mandiri disertai fotocopi akta badan hukum.
l.      Surat Pernyataan siap mengajukan akreditasi ke BAN-PNF 4 Th sejak ijin operasional dikeluarkan ( bermaterai 6000).

SISTEMATIKA PROPOSAL IJIN PENERIMAAN SISWA

 Cover
2.    Surat permohonan ijin Operasional
  ( mencantumkan Tanggal Berdiri dan alamat lengkap)
3.    Rekomendasi UPT Pendidikan Kecamatan
4.    Rekomendasi MOu ( Bagi Lembaga MOu)
5.    Data Pendidik
6.    Foto Copy Ijazah Pendidik
7.    Daftar Penyelenggara
8.    Daftar Pengelola
9.    Foto Copy Ijazah Pengelola

IjiPerjanjian Pinjam Tempat ( bagi yang belum Punya Tempat)           
   Denah Lokasi
      Kurikulum Harian
   Foto copy akta badan hukum bagi Organisasi Mandiri



SISTEMATIKA PROPOSAL IJIN OPERASIONAL


1.    Cover
2.    Surat permohonan ijin Penerimaan siswa
( mencantumkan Tanggal Berdiri dan alamat lengkap)
3.    Foto Copy Ijin Penerimaan Siswa
4.    Rekomendasi UPT Pendidikan Kecamatan
5.    Rekomendasi MOu ( Bagi Lembaga MOu)
6.    Data Pendidik
7.    Foto Copy Ijazah Pendidik
8.    DaftarPenyelenggara
9.    Daftar Pengelola
10. Foto Copy Ijazah Pengelola
11. Daftar Peserta Didik
12. Ijin Pinjam Tempat ( bagi yang belum Punya Tempat)
13. Denah Lokasi
14. Kurikulum Harian
15. Foto copy akta badan hukum bagi Organisasi Mandiri
16. Surat Pernyataan siap mengajukan akreditasi ke BAN-PNF 4 Th



KURIKULUM PAUD NON FORMAL


Pelakasanaan Menu Pembelajaran didasarkan atas Pendekatan-pendekatan:

1.    Berorientasi pada kebutuhan anak
2.    Belajar melalui bermain
3.    Kreatif dan Inovatif
4.    Lingkungan yang kondusif
5.    Menggunakan pembelajaran yang terpadu
6.    Mengembangkan keterampilan hidup
7.    Menggunakan berbagai media dan sumber belajar

Tiga peran pendidikan anak usia dini
1.    Pendidikan sebagai proses belajar dalam diri anak
2.    Pendidikan sebagai proses sosialisasi
3.    Pendidikan sebagai proses Pembentukan kerja sama peran

Kegiatan Pendidikan anak usia dini memperhatikan 9 kemampuan belajar anak;
1.    Kecerdasan linguistic yang berkembang bila dirangsang melalui berbicara, mendengarkan, membaca, menulis, berdiskusi dan bercerita
2.    Kecerdasan logika matematika, yang dapat diransang melalui kegiatan menghitung, membedakan bentuk, menganalisis data, dan bermain dengan benda-benda.
3.    Kecerdasan visual spasial yaitu kemampuan ruang yang dapat dirangsang melalui bermain balok.
4.    Kecerdasan musical yang dapat dirangsang melalui irama, nada, bertepuk tangan
5.    Kecerdasan kinestetik  yang dapat dirangsan melalui gerakan , tarian olahraga
6.    Kecerdasan naturalis mencintai keindahan alam
7.    Kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan untuk melakukan hubungan anatar manusia
8.    Kecerdasan intrapersonal yaitu kecerdasan untuk memahami diri sendiri
9.    Kecerdasan spiritual yaitu kemampuan untuk mengenal dan mencintai ciptaan tuhan