BUKU PANDUAN
PELATIHAN PENDIDIK PAUD NONFORMAL
TINGKAT DASAR
KABUPATEN PEKALONGAN
TAHUN 2011
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Keunggulan Sumber Daya Alam (SDA) bukan jaminan masa depan, karena itu upaya penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dimasa yang akan datang menjadi persoalan yang sangat fundamental. Layanan pendidikan secara dini akan berdampak dan sekaligus melandasi bagi perkembangan generasi berikutnya. Temuan-temuan ilmiah, pandangan para ahli maupun alasan keagamaan mengindikasikan adanya suatu keharusan yang mutlak untuk menyelenggarakan pendidikan sejak dini secara terencana, terarah dan bertanggungjawab.
Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sejak usia dini dan tingginya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan PAUD PNF serta berkembangnya lembaga PAUD PNF, maka ketersediaan tenaga pendidik anak usia dini (AUD) mutlak diperlukan. Hal ini untuk mengantisipasi tuntutan masyarakat akan tenaga pendidik yang berkualitas. Mengingat masih banyaknya pendidik AUD yang belum memahami tentang dasar-dasar pengasuhan dan pendidikan yang benar.
Dari data yang tehimpun Dinas Pendidikan kabupaten Pekalongan sampai tahun 2010 jumlah tenaga pendidik PAUD Nonformal tercatat ada 1.046 orang tersebar pada 348 lembaga penyelenggara. Jumlah sebanyak itu baru sebagian kecil yang sudah pernah mendapat pelatihan. Sebagian besar masih perlu pembinaan intensif yang berkesinambungan. Untuk itu perlu program pelatihan yang terprogram dan berkelanjutan, yang memberikan pemahaman tentang dasar-dasar pengasuhan dan pendidikan anak sesuai tingkat usia dan perkembangannya. Dengan harapan pendidik memiliki ketrampilan, kemampuan dasar serta layanan pengasuhan dan pendidikan anak yang benar.
Pada tahap awal program ini, dilaksanakan tingkat dasar yang diselenggarakan disetiap UPT pendidikan tingkat kecamatan. Pelaksanaan dan jadwal pelatihan akan disesuaikan menurut urutan peserta yang sudah mendaftar dan kesiapan penyelenggaraan.
Landasan Kegiatan
Landasan penyelenggaraan kegiatan adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standart Pendidikan Nasional.
3. Permendiknas no 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
4. Program kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan Bidang PNFI
Tujuan
Tujuan pelatihan pendidik anak usia dini adalah sebagai berikut:
1. Memberikan pemahaman, ketrampilan pada Pendidik anak usia dini
2. Meningkatkan kompetensi kepribadian Pendidik anak usia Dini
3. Meningkatkan kompetensi profesional Pendidik anak usia Dini
4. Meningkatkan kompetensi pedagogik Pendidik anak usia Dini
5. Meningkatkan kompetensi sosial Pendidik anak usia Dini
Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :
1. Meningkatnya kompetensi kepribadian Pendidik anak usia Dini
2. Meningkatnya kompetensi profesional Pendidik anak usia Dini
3. Meningkatnya kompetensi pedagogik Pendidik anak usia Dini
4. Meningkatnya kompetensi sosial Pendidik anak usia Dini
BAB II
PELAKSANAAN
A. Materi
N0 | MATERI | WAKTU |
1 | Pembukaan | 1 |
2 | Kebijakan PAUD Nonformal | 2 |
3 | Konsep Dasar PAUD | 2 |
4 | Ketrampilan Dasar Mengajar Pendidik PAUD | 3 |
5 | Pengantar Psikologi Belajar Anak | 2 |
6 | Perkembangan dan Pertumbuhan Anak | 2 |
7 | Konsep Bermain Anak | 4 |
8 | Menstimulasi Anak | 3 |
9 | Pembiasaan Hidup Sehat | 2 |
10 | Pelibatan Orang Tua | 2 |
11 | Administrasi Satuan Pendidikan nonformal | 3 |
12 | Media Pembelajaran | 2 |
13 | Kompetensi Pendidik | 3 |
14 | Penutup | 1 |
Jumlah | 32 |
B. Metode Kegiatan
Untuk mencapai hasil yang diharapkan dari kegiatan ini, maka teknis pelaksanan pelatihan ditempuh melalui:
1. Paparan
a. Paparan Kebiajakan PAUD Nonformal oleh dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan
b. Paparan materi, konsep dasar mengajar, pengantar psikologi belajar anak, Perkembangan, Perkembangan dan pertumbuhan anak, Pembiasaan hidup sehat, pelibatan orang tua dan kompetensi pendidik
c. Tanya Jawab
Tanya jawab dilakukan dalam rangka penyempurnaan pemahaman materi yang dilakukaN
d. Praktek
Praktek pada materi Konsep belajar anak dan menstimulasi anak
C. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan disetiap kecamatan selama 3 hari efektif.
D. Peserta
Peserta pelatihan terdiri dari Pendidik PAUD Nonformal dikabupaten Pekalongan.
E. Nara Sumber
Narasumber yang memberikan materi pada pelatihan ini adalah tenaga ahli dibidangnya agar dapat memberikan ilmu sesuai latar belakang keilmuan yang dimiliki dan dapatdipertanggungjawabkan.
BAB III
TATA TERTIB
1. Peserta harus mendaftarkan diri kepada Panitia ditngkat kecamatan dengan membawa surat tugas
2. Peserta harus mengikuti kegiatan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan tidak dibenarkan meninggalkan kegiatan tanpa ijin panitia
3. Fasilitas :
a. Sertifikat
b. Materi
c. Akomodasi
4. Hal lain yang belum diatur dalam panduan ini akan diinformasikan sesuai dengan keperluan.
BAB IV
PENUTUP
Keberhasilan penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini sangat tergantung pada partisipasi aktif semua pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh karena itu penyelenggara mengharapkan untuk saling membantu agar pelaksanaan kegiatan berjalan tertib, aman, lancar dan kondusif.
JADWAL PELATIHAN | ||
PENDIDIK PAUD NONFORMAL KABUPATEN PEKALONGAN | ||
TAHUN 2011 | ||
NO | KECAMATAN | TANGGAL KEGIATAN |
1 | TIRTO | 31 JANUARI S/D 2 FEBRUARI |
2 | KAJEN | 3 S/D 5 FEBRUARI |
3 | KARANGDADAP | 7 S/D 9 FEBRUARI |
4 | KEDUNGWUNI dan BUARAN | 10 S/D 12 PEBRUARAI |
5 | SRAGI DAN SIWALAN | 14 S/D 16 FEBRUARI |
6 | WONOPRINGGO dan KARANGANYAR | 17 S/D 19 FEBRUARI |
7 | KESESI | 21 s/d 23 FEBRUARI |
8 | BOJONG | 28 FEBRUARI S/D 2 MARET |
9 | WONOKERTO | 3 S/D 5 MARET |
10 | WIRADESA | 7 S/D 9 MARET |
11 | KANDANGSERANG | 10 S/D 12 MARET |
12 | PANINGGARAN | 14 S/D 16 MARET |
13 | LEBAKBARANG | 21 S/D 23 MARET |
14 | TALUN | 24 S/D 26 MARET |
15 | DORO | 28 S/D 30 MARET |
16 | PETUNGKRIYONO | 1 S/D 3 APRIL |
JADWAL KEGIATAN PELATIHAN PENDIDIK PAUD | ||||
KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2011 | ||||
NO | HARI | WAKTU | MATERI | PENYAJI |
1 | PERTAMA | 08.00 - 08.35 | Upacara Pembukaan | Panitia |
| 08.35 - 09.20 | Kebijakan PAUD Non Formal | Dinas Pendidikan Kab. Pekalongan | |
| | 09.20 - 10.05 | Kebijakan PAUD Non Formal | Dinas Pendidikan Kab. Pekalongan |
| | 10.05 - 10.50 | Konsep Dasar PAUD | Dinas Pendidikan Kab. Pekalongan |
| | 10.50 - 11.35 | Konsep Dasar PAUD | Dinas Pendidikan Kab. Pekalongan |
| | 11.35 - 12.20 | Ketrampilan Dasar Mengajar Pendidik PAUD | M. Suharso, S.Pd + M. Yulianto, S.Pd |
| | 12.20 - 13.05 | ISHOMA | Panitia |
| | 13.05 - 13.50 | Ketrampilan Dasar Mengajar Pendidik PAUD | M. Suharso, S.Pd + M. Yulianto, S.Pd |
| | 13.50 - 14.35 | Ketrampilan Dasar Mengajar Pendidik PAUD | M. Suharso, S.Pd + M. Yulianto, S.Pd |
| | 14.35 - 15.20 | Kompetensi Pendidik | H. Sholeh. S.Ag + Tursilo. S.Pd |
| | 15.20 - 16.05 | Kompetensi Pendidik | H. Sholeh. S.Ag + Tursilo. S.Pd |
| | 16.05 - 16.50 | Kompetensi Pendidik | H. Sholeh. S.Ag + Tursilo. S.Pd |
2 | KEDUA | 08.45 - 08.45 | Pengantar Psikologi Belajar Anak | Tedy Sucipto, S.Pd. M.Pd + Anwar, A.Ma.Pd |
| 08.45 - 09.30 | Pengantar Psikologi Belajar Anak | Tedy Sucipto, S.Pd. M.Pd + Anwar, A.Ma.Pd | |
| | 09.30 - 10.15 | Perkembangan dan Pertumpuhan Anak | Tedy Sucipto, S.Pd. M.Pd + Anwar, A.Ma.Pd |
| | 10.15 - 11.00 | Perkembangan dan Pertumpuhan Anak | Tedy Sucipto, S.Pd. M.Pd + Anwar, A.Ma.Pd |
| | 11.00 - 11.45 | Konsep Bermain Anak | Fariskon + Siti Aisyah |
| | 11.45 - 12.30 | Konsep Bermain Anak | Fariskon + Siti Aisyah |
| | 12.30 - 13.15 | ISHOMA | Panitia |
| | 13.15 - 14.00 | Konsep Bermain Anak | Fariskon + Siti Aisyah |
| | 14.00 - 14.45 | Konsep Bermain Anak | Fariskon + Siti Aisyah |
| | 14.45 - 15.15 | Menstimulasi Anak | Siti Aisyah + Fariskon |
| | 15.15 - 16.00 | Menstimulasi Anak | Siti Aisyah + Fariskon |
| | 16.00 - 16.45 | Menstimulasi Anak | Siti Aisyah + Fariskon |
3 | KETIGA | 08.45 - 08.45 | Media Pembelajaran | Rr. Endangsih Nugraeni R, SE + Kartono |
| 08.45 - 09.30 | Media Pembelajaran | Rr. Endangsih Nugraeni R, SE + Kartono | |
| | 09.30 - 10.15 | Administrasi SP PAUD Non Formal | Anas Munawroh, ST + Masriah, S.Pd |
| | 10.15 - 11.00 | Administrasi SP PAUD Non Formal | Anas Munawroh, ST + Masriah, S.Pd |
| | 11.00 - 11.45 | Administrasi SP PAUD Non Formal | Anas Munawroh, ST + Masriah, S.Pd |
| | 11.45 - 12.30 | Pembiasaan Hidup Sehat | Ratna Sulistyorini + A. Hariswati |
| | 12.30 - 13.15 | ISHOMA | Panitia |
| | 13.15 - 14.00 | Pembiasaan Hidup Sehat | Ratna Sulistyorini + A. Hariswati |
| | 14.00 - 14.45 | Pelibatan Orang Tua | Ratna Sulistyorini + A. Hariswati |
| | 14.45 - 15.15 | Pelibatan Orang Tua | Ratna Sulistyorini + A. Hariswati |
| | 15.15 - 16.00 | Upacara Penutupan | Panitia |